blog-img
20/03/2020

23 Perusahaan di Kabupaten Sukabumi Raih CSR Award 2019

Administrator | BidangPE

Dalam pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Sukabumi pada hari Senin (16/3) yang bertempat di Resor Pangrango Sukabumi, salah satu mata acara dalam kegiatan tersebut adalah pemberian CSR Award. CSR Award tersebut diberikan kepada perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, yang melaksanakan kegiatan TJSPKBL atau CSR dilingkungan perusahaannya. Hal tersebut sesuai dengan amanat Perda Kabupaten Sukabumi Nomor 6 Tahun 2014. Dalam Perda tersebut dinyatakan bahwa setiap perusahaan yang berdomisili dan atau melakukan kegiatan usaha di Kabupaten Sukabumi, baik Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) wajib melaksanakan TJSPKBL.

Kegiatan TJSPKBL/CSR meliputi kegiatan bina keagamaan, ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, bina lingkungan, dan infrastruktur. Perusahaan yang telah melakukan kegiatan TJSPKBL/CSR kemudian menyampaikan laporan kegiatan tersebut kepada Bupati Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sukabumi. Laporan tersebut digunakan sebagai salah satu bahan penilaian untuk menentukan perusahaan yang akan mendapat CSR Award. Perusahaan yang berhak menerima CSR Award adalah perusahaan yang memenuhi kriteria sesuai dengan Perbub No. 2 Tahun 2015. Kriteria tersebut yaitu kegiatan TJSPKBL/CSR yang dilakukan oleh perusahaan harus bersinergi dengan Pemerintah Daerah, menjawab kebutuhan masyarakat, ada keterlibatan masyarakat, mendorong kemandirian masyarakat dan bersifat jangka panjang.

 

Perusahaan yang mendapat CSR Award pada tahun ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati No.002/Kep.165-Bappeda/2020 sebanyak 23 perusahaan, yaitu PT. Semen Jawa, PT. Tambang  Semen Sukabumi, PT. Indonesia Power Unit Jasa Pembangkitan PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Cabang Palabuhanratu, PT. Amerta Indah Otsuka, PT. Star Energy Geothermal Salak Ltd, PT. Aqua Golden Mississippi Babakan Pari, PT. Aqua Golden Mississippi Mekarsari, PT. Pratama Abadi Industri (JX), PDAM Sukabumi, Perumda BPR Sukabumi, PT. Potensi Pola Augusta, PT. Yakult Indonesia Persada, PT. Glostar Indonesia 1 (Cikembar), PT. Glostar Indonesia 2 (Sukalarang), PT. Indolakto Susu, PTPN VIII Pasir Badak, PT. Cipta Dwi Busana, PT. Yongjin Java Suka Garment, PT. Longvin Indonesia, PT. Djojonegoro C1000, PT. Dasan Fan Pasific Indonesia, PT Mersifarma Timaku Mercusuna, dan PT. Paiho Indonesia. Para penerima CSR Award di tingkat kabupaten tersebut nantinya akan diusulkan untuk menerima CSR award di tingkat provinsi. CSR Award ini selain sebagai bentuk apresiasi, diharapkan pula dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk aktif bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Sukabumi sebagaimana konsep pentahelix. Melalui sinergi pentahelix masyarakat, pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan media diharapkan mampu menjawab berbagai keterbatasan sumberdaya, keuangan dan anggaran dalam pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

Bagikan Ke:

Populer